Pilih Laman

Standar Operasional Prosedur

SOP Sebagai sebuah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan kehakiman pada tingkat pertama maka pengadilan negeri merupakan ujung tombak dari peradilan yang berada diatasnya. Oleh karenanya pangadilan negeri mempunyai peranan yang strategis dalam melaksanakan tugas-tugas pokoknya yaitu menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang diajukan kepadanya.

Dalam melaksanakan tugas yang diembannya Pengadilan Negeri Tegal dituntut untuk berupaya membantu masyarakat pencari keadilan dan berusaha untuk mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya suatu peradilan yang sederhana, cepat, biaya ringan, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam pasal 5 ayat 2 UU No. 24 tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman.

Apabila tugas-tugas pokok dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam arti dikerjakan secara profesional dan selalu menjaga integritas pribadi seluruh pejabat dan pegawainya, serta tidak keluar dari koridor-koridor hukum yang berlaku, maka Pengadilan Negeri akan memperoleh kepercayaan dari masyarakat para pencari keadilan khususnya dan seluruh lapisan masyarakat pada umumnya. 

Secara operasional Pengadilan Negeri Tegal menyelenggarakan peradilan menegakkan hukum dan keadilan yang meliputi tugas-tugas administrasi Peradilan yang dilaksanakan oleh Kepaniteraan dan tugas-tugas yang bersifat administrasi umum yang dilaksanakan oleh Kesekretariatan.

Dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya secara efisien,efektif, transparan dan akuntable maka Pengadilan Negeri Tegal berkewajiban untuk menyusun dan melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparator Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan dan Peraturan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 002 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan (SOP) Standar Operasional Prosedur dilingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya tertanggal 24 Mei 2012.

Dengan tersusunnya Standar Operasional Prosedur (SOP) ini diharapkan mekanisme Administrasi Pengadilan dan Administrasi Umum Pengadilan Negeri Tegal dapat berjalan secara efisien, efektif, transparan dan akuntable sehingga Pengadilan Negeri Tegal dapat melaksanakan tugas dengan seksama, tertib dan berdisiplin dan dapat diharapkan memberikan kontribusi tercapainya Visi Mahkamah Agung RI yakni Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung

Adapun Standar Operasional Prosedur Pengadilan Negeri Tegal yaitu sebagai berikut :

 

No Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Perdata Dokumen Ket.
1 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Permohonan Lihat Detail
2 SOP Perkara Perdata Gugatan/Perlawanan/Bantahan Apabila Mediasi Berhasil Lihat Detail
3 SOP Perkara Perdata Gugatan/Perlawanan/Bantahan Apabila Mediasi Gagal Lihat Detail
4 SOP Upaya Hukum Banding Lihat Detail
5 SOP Permohonan Perkara Perdata Kasasi Memenuhi Syarat Formil Lihat Detail
6 SOP Perkara Perdata Peninjauan Kembali Lihat Detail
7 SOP Pendaftaran Putusan Arbitrase Nasional Lihat Detail
8 SOP Permohonan Konsignasi Lihat Detail
9 SOP Permohonan Eksekusi Riil Lihat Detail
10 SOP Permohonan Eksekusi Untuk Melakukan Sesuatu Perbuatan Lihat Detail
11 SOP Permohonan Eksekusi Pembayaran Sejumlah Uang Dan Hak Tanggungan Lihat Detail
12 SOP Pencabutan Permohonan Banding Perdata Lihat Detail
13 SOP Pencabutan Permohonan Kasasi Perdata Lihat Detail
14 SOP Pencabutan Permohonan Peninjauan Kembali Perdata Lihat Detail
15 SOP Permohonan Pembatalan Terhadap Putusan Badan Arbitrase Lihat Detail
16 SOP Permohonan Konsinyasi Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum Lihat Detail
17 SOP Upaya Hukum Keberatan Terhadap Putusan BPSK Lihat Detail
18 SOP Upaya Permohonan Keberatan Terhadap Keputusan KPPU Lihat Detail
19 SOP Penyelesaian Perkara Sengketa Partai Politik Lihat Detail
20 SOP Penyelesaian Perkara Sengketa Keterbukaan Informasi Lihat Detail

 

No Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Pidana Dokumen Ket.
1 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Biasa(Dewasa) Lihat Detail
2 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Diversi Berhasil Lihat Detail
3 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Diversi Gagal Lihat Detail
4 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Singkat Lihat Detail
5 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Tipiring Lihat Detail
6 SOP Proses Penanganan Perkara Tilang Lihat Detail
7 SOP Permohonan Upaya Hukum Banding Lihat Detail
8 SOP Permohonan Upaya Hukum Banding Pemilu Lihat Detail
9 SOP Permohonan Upaya Hukum Kasasi Lihat Detail
10 SOP Permohonan Upaya Hukum Peninjauan Kembali Lihat Detail
11 SOP Permohonan Grasi Lihat Detail
12 SOP Permohonan Praperadilan Lihat Detail
13 SOP Permintaan Permohonan Perpanjangan Penahanan Oleh Penyidik Dan Pu Pasal 29 Ayat (2) Dan Ayat (3) Lihat Detail
14 SOP Permintaan Permohonana Perpanjangan Penahanan Oleh Pu Berdasarkan Pasal 25 Lihat Detail
15 SOP Permohonan Ijin Persetujuan Besuk Lihat Detail
16 SOP Permintaan Permohonana Perpanjangan Penahanan Ke Pengadilan Tinggi Pasal 29 Ayat (1) Lihat Detail
17 SOP Penanggungan Penahanan Perkara Pidana Umum Lihat Detail
18 SOP Proses Penyelesaian Permohonan Ijin/Persetujuan Penggeledahan Lihat Detail
19 SOP Proses Penyelesaian Permohonan Diversi Lihat Detail
20 SOP Permohonana Ijin Pembantaran Pidana Umum Lihat Detail
21 SOP Pencabutan Permohonan Banding Pidana Umum Lihat Detail
22 SOP Pencabutan Permohonana Kasasi Pidana Umum Lihat Detail
23 SOP Pencabutan Permohonan Pk Pidanan Umum Lihat Detail
24 SOP Ijin/Persetujuan Penyitaan Oleh Penyidik Lihat Detail
25 SOP Permohonan Peralihan Penangguhan Penahanan Lihat Detail
26 SOP Pinjam Pakai Barang Bukti Lihat Detail
27 SOP Ijin Berobat Lihat Detail
28 SOP Penyelesaian Perkara Pidana Pemilu Lihat Detail

 

No Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Hukum Dokumen Ket.
1 SOP Penanganan Delegasi Dari Bawas Tentang Tindak Lanjut Pengadilan Lihat Detail
2 SOP Penanganan Pengaduan Melalui Meja Pengaduan Lihat Detail
3 SOP Pendaftaran Akta Pendirian Badan Hukum Lihat Detail
4 SOP Pembuatan Laporan Bulanan Lihat Detail
5 SOP Pembuatan Laporan Empat Bulanan Lihat Detail
6 SOP Pembuatan Laporan Enam Bulanan Lihat Detail
7 SOP Pembuatan Lapora Tahunan Lihat Detail
8 SOP Pendaftaran Surat Kuasa Khusus Lihat Detail
9 SOP Pendaftaran Surat Ijin Kuasa Insidentil Lihat Detail
10 SOP Surat Keterangan Tidak Tersangkut Perkara Lihat Detail
11 SOP Survey Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Pengadilan Lihat Detail
12 SOP Legalisasi Surat Akta Di Bawah Tangan (Waarmeking) Lihat Detail
13 SOP Peminjaman Arsip Berkas Perkara In Aktif Lihat Detail
14 SOP Surat Keterangan Elektronik Lihat Detail

 

No Standar Operasional Prosedur Panitera Pengganti Dokumen Ket.
1 SOP Panitera Pengganti Dalam Perkara Perdata Lihat Detail
2 SOP Panitera Pengganti Dalam Perkara Pidana Lihat Detail

 

No Standar Operasional Prosedur Juru Sita / Juru Sita Pengganti Dokumen Ket.
1 SOP Panggilan Sidang Lihat Detail
2 SOP Pemberitahuan Lihat Detail

 

No Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Dokumen Ket.
1 SOP Perencanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berjalan Lihat Detail
2 SOP Perencanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berikutnya Lihat Detail
3 SOP Pemeliharaan Jaringan Lihat Detail
4 SOP Pengisian Pembaruan Konten Website Lihat Detail
5 SOP Penyusunan Laporan Bulanan Lihat Detail
6 SOP Penyusunan Laporan Semester Lihat Detail
7 SOP Penyusunan Laporan Tahunan Lihat Detail
8 SOP Penyusunan Laporan Kerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Lihat Detail
9 SOP Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berjalan Lihat Detail
10 SOP Penanganan Server Lihat Detail
11 SOP Pengiriman Pengumuman Melalui SMS Gateway Lihat Detail
12 SOP Penyusunan Laporan Online Lihat Detail
13 SOP Penganganan Maintenance Peralatan IT Jaringan Lihat Detail
14 SOP Penyusunan RKT, IKU dan PKT Lihat Detail

 

No Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Dokumen Ket.
1 SOP Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Lihat Detail
2 SOP Daftar Urut Senioritas Hakim Lihat Detail
3 SOP Bezetting Lihat Detail
4 SOP Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Lihat Detail
5 SOP Labul Lihat Detail
6 SOP Absensi Hakim Dan Pegawai Lihat Detail
7 SOP Laporan Rekapitulasi Daftar Hadir Tenaga Teknis Dan Non Teknis Lihat Detail
8 SOP Pembuatan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Tegal Bidang Kepegawaian Lihat Detail
9 SOP Usul Kenaikan Gaji Berkala Lihat Detail
10 SOP Usul Kenaikan Pangkat Lihat Detail
11 SOP Usulan CPNS Menjadi PNS Lihat Detail
12 SOP Usulan Pensiun Hakim Dan Pegawai Lihat Detail
13 SOP Cuti Pegawai Lihat Detail
14 SOP Pembuatan SKP Lihat Detail
15 SOP Usul Karpeg, Karis / Karsu, Askes Dan Taspen Lihat Detail
16 SOP Update Data Kepegawaian Kedalam Aplikasi Sikep Lihat Detail
17 SOP Surat Tugas Dan Surat Penunjukan Lihat Detail
18 SOP Penyelesaian Pembuatan Pengantar Hukuman Disiplin Bagi Hakim Dan PNS Lihat Detail
19 SOP Usulan Jabatan Lihat Detail
20 SOP Usulan Mutasi Lihat Detail
21 SOP Usulan Tanda Penghargaan Satya Lencana Lihat Detail
22 SOP Penyelesaian Dokumen Pelantikan Penyumpahan Dan Menduduki Jabatan Lihat Detail
23 SOP Ujian Dinas Lihat Detail
24 SOP Pelaksanaan Tes Kesehatan CPNS Lihat Detail
25 SOP Usul Diklat Prajabatan Lihat Detail
26 SOP Rapat Internal Lihat Detail
27 SOP Apel Pagi Dan Sore Lihat Detail

 

No Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Umum dan Keuangan Dokumen Ket.
1 SOP Penanganan Surat Masuk Lihat Detail
2 SOP Penanganan Surat Keluar Lihat Detail
3 SOP Pemeliharaan Barang Perpustakaan Lihat Detail
4 SOP Pengadaan Dengan Metode Seleksi Sederhana Atau Pengadaan Langsung Lihat Detail
5 SOP Pengelolaan Barang Persediaan (Barang Konsumsi Dan Pemeliharaan) Lihat Detail
6 SOP Pengelolaan Akuntansi Barang Milik Negara Lihat Detail
7 SOP Permohonan Usulan Penetapan Status Penggunaan BMN Lihat Detail
8 SOP Rekonsiliasi Barang Milik Negara Lihat Detail
9 SOP Penunjukan Penghunian Rumah Negara Lihat Detail
10 SOP Penunjukan Pemakai Barang Inventaris Berupa Kendaraan Dinas Lihat Detail
11 SOP Penunjukan Pemakai Barang Inventaris Berupa Laptop Lihat Detail
12 SOP Pemeliharaan Gedung, Bangunan Dan Halaman Lihat Detail
13 SOP Perawatan Sarana Gedung Lihat Detail
14 SOP Penghapusan Barang Milik Negara Lihat Detail
15 SOP Pelaksanaan Anggaran Dana UP / TUP Lihat Detail
16 SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Pegawai (Gaji, Lembur, Honor) Dan LS Lihat Detail
17 SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Modal – LS Lihat Detail
18 SOP Pengelolaan Tunjangan Khusus Kinerja (Remunerasi) Lihat Detail
19 SOP Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lihat Detail
20 SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Inventarisasi Barang Pustaka) Lihat Detail
21 SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Peminjaman Barang Pustaka) Lihat Detail
22 SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Pengembalian Barang Pustaka) Lihat Detail
23 SOP Pengawasan Hakim Pindah Lihat Detail
24 SOP Pengawasan Hakim Keluar Lihat Detail

 

Skip to content