logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI TEGAL KELAS I A

Jl. Mayjend. Sutoyo SM. No. 9 Tegal - Jawa Tengah, Telp. (0283) 356091 - 356093, Faks. (0283) 352813, E-mail : pn_tegal1@yahoo.co.id

Standar Operasional Prosedur

Standar Operasional Prosedur

 

Sebagai sebuah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan kehakiman pada tingkat pertama maka pengadilan negeri merupakan ujung tombak dari peradilan yang berada diatasnya. Oleh karenanya pangadilan negeri mempunyai peranan yang strategis dalam melaksanakan tugas-tugas pokoknya yaitu menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang diajukan kepadanya.

Dalam melaksanakan tugas yang diembannya Pengadilan Negeri Tegal dituntut untuk berupaya membantu masyarakat pencari keadilan dan berusaha untuk mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya suatu peradilan yang sederhana, cepat, biaya ringan, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam pasal 5 ayat 2 UU No. 24 tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman.

Apabila tugas-tugas pokok dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam arti dikerjakan secara profesional dan selalu menjaga integritas pribadi seluruh pejabat dan pegawainya, serta tidak keluar dari koridor-koridor hukum yang berlaku, maka Pengadilan Negeri akan memperoleh kepercayaan dari masyarakat para pencari keadilan khususnya dan seluruh lapisan masyarakat pada umumnya.

Secara operasional Pengadilan Negeri Tegal menyelenggarakan peradilan menegakkan hukum dan keadilan yang meliputi tugas-tugas administrasi Peradilan yang dilaksanakan oleh Kepaniteraan dan tugas-tugas yang bersifat administrasi umum yang dilaksanakan oleh Kesekretariatan.

Dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya secara efisien,efektif, transparan dan akuntable maka Pengadilan Negeri Tegal berkewajiban untuk menyusun dan melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparator Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan dan Peraturan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 002 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan (SOP) Standar Operasional Prosedur dilingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya tertanggal 24 Mei 2012.

Dengan tersusunnya Standar Operasional Prosedur (SOP) ini diharapkan mekanisme Administrasi Pengadilan dan Administrasi Umum Pengadilan Negeri Tegal dapat berjalan secara efisien, efektif, transparan dan akuntable sehingga Pengadilan Negeri Tegal dapat melaksanakan tugas dengan seksama, tertib dan berdisiplin dan dapat diharapkan memberikan kontribusi tercapainya Visi Mahkamah Agung RI yakni Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung

Adapun Standar Operasional Prosedur Pengadilan Negeri Tegal yaitu sebagai berikut :

No. Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Perdata Dokumen SOP Ket
1 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Permohonan Lebih Detil
2 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Gugatan Lebih Detil
3 SOP Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana Oleh Hakim Tunggal Lebih Detil
4 SOP Tata Cara Penyelesaian Keberatan Perkara Gugatan Sederhana Lebih Detil
5 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Upaya Hukum Banding Lebih Detil
6 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Upaya Hukum Kasasi Lebih Detil
7 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Upaya Hukum Peninjauan Kembali Lebih Detil
8 SOP Pelayanan Penerimaan Perkara Prodeo Lebih Detil
9 SOP Delegasi Panggilan Pemberitahuan (Dari Pengadilan Negeri Lain) Lebih Detil
10 SOP Perdata Eksekusi Pembayaran Uang Lebih Detil
11 SOP Perdata Konsinyasi Lebih Detil
12 Sop Konsinyasi Terhadap Gugatan Ganti Rugi Lebih Detil
13 Sop Penyelesaian Perkara Gugatan Keberatan Ganti Rugi Lebih Detil
14 Sop Permohonan Eksekusi Riil Lebih Detil
15 Sop Delegasi Panggilan/ Pemberitahuan Keluar (Ke Pengadilan Negeri Lain) Lebih Detil
16 Sop Pengembalian Sisa Panjar Perkara Perdata Lebih Detil
17 Sop Penyelesaian Minutasi Perkara Perdata Lebih Detil
18 Sop Pemberitahuan Putusan Perkara Perdata Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Pidana Dokumen SOP Ket
1 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Biasa(Dewasa) Lebih Detil
2 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Singkat Lebih Detil
3 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Cepat Lalu Lintas Lebih Detil
4 SOP Pidana Penerimaan Permohonan Perpanjangan Penahanan Psl 25 Ayat (2) KUHAP Lebih Detil
5 SOP Pidana Penerimaan Permohonan Perpanjangan Penahanan Psl 29 KUHAP Lebih Detil
6 SOP Proses Penyelesaian Upaya Hukum Banding Lebih Detil
7 SOP Proses Penyelesaian Upaya Hukum Kasasi Lebih Detil
8 SOP Upaya Hukum Peninjauan Kembali Lebih Detil
9 SOP Proses Penyelesaian Grasi Lebih Detil
10 SOP Penanganan Permohonan Izin Persetujuan Penyitaan Lebih Detil
11 SOP Penanganan Permohonan Izin Persetujuan Penggeledahan Lebih Detil
12 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Lebih Detil
13 SOP Penetapan Diversi Lebih Detil
14 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Praperadilan Lebih Detil
15 SOP Penanganan Barang Bukti Lebih Detil
16 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Cepat Tipiring Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Hukum Dokumen SOP Ket
1 SOP Laporan Data Perkara Perdata Dan Pidana Lebih Detil
2 SOP Pendaftaran Badan Hukum Lebih Detil
3 SOP Pendaftaran Surat Kuasa Lebih Detil
4 SOP Pendaftaran Surat Kuasa Insidenstil Lebih Detil
5 SOP Kerja Sama Pos Bantuan Hukum Lebih Detil
6 SOP Layanan Hukum Pendampingan Lebih Detil
7 SOP Penanganan Pengaduan/ Whistleblowing Lebih Detil
8 SOP Pelayanan Informasi Lebih Detil
9 SOP Pembuatan Surat Keterangan Penelitian Lebih Detil
10 SOP Pengarsipan Berkas Perkara Lebih Detil
11 SOP Penanganan Surat Masuk Lebih Detil
12 SOP Penanganan Surat Keluar Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Panitera Pengganti Dokumen SOP Ket
1 SOP Panitera Pengganti Dalam Perkara Perdata Lebih Detil
2 SOP Panitera Pengganti Dalam Perkara Pidana Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Juru Sita / Juru Sita Pengganti Dokumen SOP Ket
1 SOP Panggilan Sidang Lebih Detil
2 SOP Pemberitahuan Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Dokumen SOP Ket
1 SOP Perencanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berjalan Lebih Detil
2 SOP Perencanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berikutnya Lebih Detil
3 SOP Pemeliharaan Jaringan Lebih Detil
4 SOP Pengisian Pembaruan Konten Website Lebih Detil
5 SOP Penyusunan Laporan Bulanan Lebih Detil
6 SOP Penyusunan Laporan Semester Lebih Detil
7 SOP Penyusunan Laporan Tahunan Lebih Detil
8 SOP Penyusunan Laporan Kerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Lebih Detil
9 SOP Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berjalan Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Dokumen SOP Ket
1 SOP Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Lebih Detil
2 SOP Daftar Urut Senioritas Hakim Lebih Detil
3 SOP Bezetting Lebih Detil
4 SOP Daftar Urut Kepangkatan (DUK) Lebih Detil
5 SOP Labul Lebih Detil
6 SOP Absensi Hakim Dan Pegawai Lebih Detil
7 SOP Laporan Rekapitulasi Daftar Hadir Tenaga Teknis Dan Non Teknis Lebih Detil
8 SOP Pembuatan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Tegal Bidang Kepegawaian Lebih Detil
9 SOP Usul Kenaikan Gaji Berkala Lebih Detil
10 SOP Usul Kenaikan Pangkat Lebih Detil
11 SOP Usulan CPNS Menjadi PNS Lebih Detil
12 SOP Usulan Pensiun Hakim Dan Pegawai Lebih Detil
13 SOP Cuti Pegawai Lebih Detil
14 SOP Pembuatan SKP Lebih Detil
15 SOP Usul Karpeg, Karis / Karsu, Askes Dan Taspen Lebih Detil
16 SOP Update Data Kepegawaian Kedalam Aplikasi Sikep Lebih Detil
17 SOP Surat Tugas Dan Surat Penunjukan Lebih Detil
18 SOP Penyelesaian Pembuatan Pengantar Hukuman Disiplin Bagi Hakim Dan PNS Lebih Detil
19 SOP Usulan Jabatan Lebih Detil
20 SOP Usulan Mutasi Lebih Detil
21 SOP Usulan Tanda Penghargaan Satya Lencana Lebih Detil
22 SOP Penyelesaian Dokumen Pelantikan Penyumpahan Dan Menduduki Jabatan Lebih Detil
23 SOP Ujian Dinas Lebih Detil
24 SOP Pelaksanaan Tes Kesehatan CPNS Lebih Detil
25 SOP Usul Diklat Prajabatan Lebih Detil
26 SOP Rapat Internal Lebih Detil
27 SOP Apel Pagi Dan Sore Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Umum dan Keuangan Dokumen SOP Ket
1 SOP Penanganan Surat Masuk Lebih Detil
2 SOP Penanganan Surat Keluar Lebih Detil
3 SOP Pemeliharaan Barang Perpustakaan Lebih Detil
4 SOP Pengadaan Dengan Metode Seleksi Sederhana Atau Pengadaan Langsung Lebih Detil
5 SOP Pengelolaan Barang Persediaan (Barang Konsumsi Dan Pemeliharaan) Lebih Detil
6 SOP Pengelolaan Akuntansi Barang Milik Negara Lebih Detil
7 SOP Permohonan Usulan Penetapan Status Penggunaan BMN Lebih Detil
8 SOP Rekonsiliasi Barang Milik Negara Lebih Detil
9 SOP Penunjukan Penghunian Rumah Negara Lebih Detil
10 SOP Penunjukan Pemakai Barang Inventaris Berupa Kendaraan Dinas Lebih Detil
11 SOP Penunjukan Pemakai Barang Inventaris Berupa Laptop Lebih Detil
12 SOP Pemeliharaan Gedung, Bangunan Dan Halaman Lebih Detil
13 SOP Perawatan Sarana Gedung Lebih Detil
14 SOP Penghapusan Barang Milik Negara Lebih Detil
15 SOP Pelaksanaan Anggaran Dana UP / TUP Lebih Detil
16 SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Pegawai (Gaji, Lembur, Honor) Dan LS Lebih Detil
17 SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Modal – LS Lebih Detil
18 SOP Pengelolaan Tunjangan Khusus Kinerja (Remunerasi) Lebih Detil
19 SOP Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lebih Detil
20 SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Inventarisasi Barang Pustaka) Lebih Detil
21 SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Peminjaman Barang Pustaka) Lebih Detil
22 Sop Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Pengembalian Barang Pustaka) Lebih Detil
23 Sop Pengawasan Hakim Pindah Lebih Detil
24 Sop Pengawasan Hakim Keluar Lebih Detil