Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI TEGAL KELAS I A

Jl. Mayjend. Sutoyo SM. No. 9 Tegal - Jawa Tengah, Telp. (0283) 356091 - 356093, Faks. (0283) 352813, E-mail : info@pn-tegal.go.id

Standar Operasional Prosedur

Standar Operasional Prosedur

 

prosedurSebagai sebuah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan kehakiman pada tingkat pertama maka pengadilan negeri merupakan ujung tombak dari peradilan yang berada diatasnya. Oleh karenanya pangadilan negeri mempunyai peranan yang strategis dalam melaksanakan tugas-tugas pokoknya yaitu menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang diajukan kepadanya.

Dalam melaksanakan tugas yang diembannya Pengadilan Negeri Tegal dituntut untuk berupaya membantu masyarakat pencari keadilan dan berusaha untuk mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya suatu peradilan yang sederhana, cepat, biaya ringan, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam pasal 5 ayat 2 UU No. 24 tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman.

Apabila tugas-tugas pokok dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam arti dikerjakan secara profesional dan selalu menjaga integritas pribadi seluruh pejabat dan pegawainya, serta tidak keluar dari koridor-koridor hukum yang berlaku, maka Pengadilan Negeri akan memperoleh kepercayaan dari masyarakat para pencari keadilan khususnya dan seluruh lapisan masyarakat pada umumnya.

Secara operasional Pengadilan Negeri Tegal menyelenggarakan peradilan menegakkan hukum dan keadilan yang meliputi tugas-tugas administrasi Peradilan yang dilaksanakan oleh Kepaniteraan dan tugas-tugas yang bersifat administrasi umum yang dilaksanakan oleh Kesekretariatan.

Dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya secara efisien,efektif, transparan dan akuntable maka Pengadilan Negeri Tegal berkewajiban untuk menyusun dan melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparator Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan dan Peraturan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 002 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan (SOP) Standar Operasional Prosedur dilingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya tertanggal 24 Mei 2012.

Dengan tersusunnya Standar Operasional Prosedur (SOP) ini diharapkan mekanisme Administrasi Pengadilan dan Administrasi Umum Pengadilan Negeri Tegal dapat berjalan secara efisien, efektif, transparan dan akuntable sehingga Pengadilan Negeri Tegal dapat melaksanakan tugas dengan seksama, tertib dan berdisiplin dan dapat diharapkan memberikan kontribusi tercapainya Visi Mahkamah Agung RI yakni Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung

Adapun Standar Operasional Prosedur Pengadilan Negeri Tegal yaitu sebagai berikut :

No. Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Perdata Dokumen SOP Ket
1 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Permohonan Lebih Detil
2 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Gugatan Lebih Detil
3 SOP Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana Oleh Hakim Tunggal Lebih Detil
4 SOP Tata Cara Penyelesaian Keberatan Perkara Gugatan Sederhana Lebih Detil
5 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Upaya Hukum Banding Lebih Detil
6 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Upaya Hukum Kasasi Lebih Detil
7 SOP Penyelesaian Perkara Perdata Upaya Hukum Peninjauan Kembali Lebih Detil
8 SOP Pelayanan Penerimaan Perkara Prodeo Lebih Detil
9 SOP Delegasi Panggilan Pemberitahuan (Dari Pengadilan Negeri Lain) Lebih Detil
10 SOP Perdata Eksekusi Pembayaran Uang Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Pidana Dokumen SOP Ket
1 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Biasa(Dewasa) Lebih Detil
2 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Singkat Lebih Detil
3 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Cepat Lalu Lintas Lebih Detil
4 SOP Pidana Penerimaan Permohonan Perpanjangan Penahanan Psl 25 Ayat (2) KUHAP Lebih Detil
5 SOP Pidana Penerimaan Permohonan Perpanjangan Penahanan Psl 29 KUHAP Lebih Detil
6 SOP Proses Penyelesaian Upaya Hukum Banding Lebih Detil
7 SOP Proses Penyelesaian Upaya Hukum Kasasi Lebih Detil
8 SOP Upaya Hukum Peninjauan Kembali Lebih Detil
9 SOP Proses Penyelesaian Grasi Lebih Detil
10 SOP Penanganan Permohonan Izin Persetujuan Penyitaan Lebih Detil
11 SOP Penanganan Permohonan Izin Persetujuan Penggeledahan Lebih Detil
12 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Anak Lebih Detil
13 SOP Penetapan Diversi Lebih Detil
14 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Praperadilan Lebih Detil
15 SOP Penanganan Barang Bukti Lebih Detil
16 SOP Proses Penyelesaian Perkara Pidana Cepat Tipiring Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan Hukum Dokumen SOP Ket
1 SOP Laporan Data Perkara Perdata Dan Pidana Lebih Detil
2 SOP Pendaftaran Badan Hukum Lebih Detil
3 SOP Pendaftaran Surat Kuasa Lebih Detil
4 SOP Pendaftaran Surat Kuasa Insidenstil Lebih Detil
5 SOP Kerja Sama Pos Bantuan Hukum Lebih Detil
6 SOP Layanan Hukum Pendampingan Lebih Detil
7 SOP Penanganan Pengaduan Lebih Detil
8 SOP Pelayanan Informasi Lebih Detil
9 SOP Pembuatan Surat Keterangan Penelitian Lebih Detil
10 SOP Pengarsipan Berkas Perkara Lebih Detil
11 SOP Penanganan Surat Masuk Lebih Detil
12 SOP Penanganan Surat Keluar Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Panitera Pengganti Dokumen SOP Ket
1 SOP Panitera Pengganti Dalam Perkara Perdata Lebih Detil
2 SOP Panitera Pengganti Dalam Perkara Pidana Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Juru Sita / Juru Sita Pengganti Dokumen SOP Ket
1 SOP Panggilan Sidang Lebih Detil
2 SOP Pemberitahuan Isi Putusan, Penetapan, Akta Pernyataan Banding, Kasasi, Peninjauan Kembali, Penyampaian Memori, Kontra Memori Banding, Kasasi, Peninjauan Kembali Serta Pemberitahuan Inzage Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Dokumen SOP Ket
1 SOP Perencanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berjalan Lebih Detil
2 SOP Perencanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berikutnya Lebih Detil
3 SOP Pemeliharaan Jaringan Lebih Detil
4 SOP Pengisian Pembaruan Konten Website Lebih Detil
5 SOP Penyusunan Laporan Bulanan Lebih Detil
6 SOP Penyusunan Laporan Semester Lebih Detil
7 SOP Penyusunan Laporan Tahunan Lebih Detil
8 SOP Penyusunan Laporan Kerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Lebih Detil
9 SOP Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Dan Anggaran Tahun Berjalan Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Dokumen SOP Ket
1  SOP Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Lebih Detil
2  SOP Daftar Urut Senioritas Hakim  Lebih Detil
3  SOP Bezetting  Lebih Detil
4  SOP Daftar Urut Kepangkatan (DUK)  Lebih Detil
5  SOP Labul  Lebih Detil
6  SOP Absensi Hakim Dan Pegawai  Lebih Detil
7  SOP Laporan Rekapitulasi Daftar Hadir Tenaga Teknis Dan Non Teknis  Lebih Detil
8  SOP Pembuatan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Tegal Bidang Kepegawaian  Lebih Detil
9  SOP Usul Kenaikan Gaji Berkala  Lebih Detil
10  SOP Usul Kenaikan Pangkat  Lebih Detil
11  SOP Usulan CPNS Menjadi PNS  Lebih Detil
12  SOP Usulan Pensiun Hakim Dan Pegawai  Lebih Detil
13  SOP Cuti Pegawai  Lebih Detil
14  SOP Pembuatan SKP  Lebih Detil
15  SOP Usul Karpeg, Karis / Karsu, Askes Dan Taspen  Lebih Detil
16  SOP Update Data Kepegawaian Kedalam Aplikasi Sikep  Lebih Detil
17  SOP Surat Tugas Dan Surat Penunjukan  Lebih Detil
18  SOP Penyelesaian Pembuatan Pengantar Hukuman Disiplin Bagi Hakim Dan PNS  Lebih Detil
19  SOP Usulan Jabatan  Lebih Detil
20  SOP Usulan Mutasi  Lebih Detil
21  SOP Usulan Tanda Penghargaan Satya Lencana  Lebih Detil
22  SOP Penyelesaian Dokumen Pelantikan Penyumpahan Dan Menduduki Jabatan  Lebih Detil
23  SOP Ujian Dinas  Lebih Detil
24  SOP Pelaksanaan Tes Kesehatan CPNS  Lebih Detil
25  SOP Usul Diklat Prajabatan  Lebih Detil
26  SOP Rapat Internal  Lebih Detil
27  SOP Apel Pagi Dan Sore  Lebih Detil

No. Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Umum dan Keuangan Dokumen SOP Ket
1  SOP Penanganan Surat Masuk Lebih Detil
2  SOP Penanganan Surat Keluar Lebih Detil
3  SOP Pemeliharaan Barang Perpustakaan Lebih Detil
4  SOP Pengadaan Dengan Metode Seleksi Sederhana Atau Pengadaan Langsung Lebih Detil
5  SOP Pengelolaan Barang Persediaan (Barang Konsumsi Dan Pemeliharaan) Lebih Detil
6  SOP Pengelolaan Akuntansi Barang Milik Negara Lebih Detil
7  SOP Permohonan Usulan Penetapan Status Penggunaan BMN Lebih Detil
8  SOP Rekonsiliasi Barang Milik Negara Lebih Detil
9  SOP Penunjukan Penghunian Rumah Negara Lebih Detil
10  SOP Penunjukan Pemakai Barang Inventaris Berupa Kendaraan Dinas Lebih Detil
11  SOP Penunjukan Pemakai Barang Inventaris Berupa Laptop Lebih Detil
12  SOP Pemeliharaan Gedung, Bangunan Dan Halaman Lebih Detil
13  SOP Perawatan Sarana Gedung Lebih Detil
14  SOP Penghapusan Barang Milik Negara Lebih Detil
15  SOP Pelaksanaan Anggaran Dana UP / TUP Lebih Detil
16  SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Pegawai (Gaji, Lembur, Honor) Dan LS Lebih Detil
17  SOP Pelaksanaan Anggaran Belanja Modal – LS Lebih Detil
18  SOP Pengelolaan Tunjangan Khusus Kinerja (Remunerasi) Lebih Detil
19  SOP Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lebih Detil
20  SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Inventarisasi Barang Pustaka) Lebih Detil
21  SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Peminjaman Barang Pustaka) Lebih Detil
22  SOP Pengelolaan Administrasi Perpustakaan (Pengembalian Barang Pustaka) Lebih Detil