Pilih Laman

Zona Integritas

oleh | Mei 17, 2021

PENILAIAN Dokumen WBBM 2021
A. PROSES (60)  
  I. MANAJEMEN PERUBAHAN  
    1 Tim Kerja (1)  
      a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ? Lihat Dokumen
      b. Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ? Lihat Dokumen
    2 Rencana Pembangunan Zona Integritas (2)  
      a. Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ? Lihat Dokumen
      b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM? Lihat Dokumen
      c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ? Lihat Dokumen
    3 Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2)  
      a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ? Lihat Dokumen
      b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas Lihat Dokumen
      c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ? Lihat Dokumen
    4 Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja (3)  
      a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ? Lihat Dokumen
      b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ? Lihat Dokumen
      c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi? Lihat Dokumen
      d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? Lihat Dokumen
  II. PENATAAN TATALAKSANA  
    1 Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama (2)  
      a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi Lihat Dokumen
      b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan Lihat Dokumen
      c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi Lihat Dokumen
    2 E-Office (4)  
      a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? Lihat Dokumen
      b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? Lihat Dokumen
      c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? Lihat Dokumen
      d. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? Lihat Dokumen
    3 Keterbukaan Informasi Publik (1)  
      a. a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan Lihat Dokumen
      b. b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik Lihat Dokumen
  III. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM  
    1 Perencanaan Kebutuhan Pegawai Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi (0,5)  
      a. a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan? Lihat Dokumen
      b. b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan? Lihat Dokumen
      c. c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja? Lihat Dokumen
    2 Pola Mutasi Internal (1)  
      a. a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan? Lihat Dokumen
      b. b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan? Lihat Dokumen
      c. c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? Lihat Dokumen
    3 Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi (2,5)  
      a. a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ? Lihat Dokumen
      b. b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? Lihat Dokumen
      c. c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan Lihat Dokumen
      d. d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya. Lihat Dokumen
      e. e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ? Lihat Dokumen
      f. f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? Lihat Dokumen
    4 Penetapan Kinerja Individu (4)  
      a. a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi Lihat Dokumen
      b. b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya Lihat Dokumen
      c. c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik Lihat Dokumen
      d. d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll). Lihat Dokumen
    5 Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai (1,5)  
      a. a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan Lihat Dokumen
    6 Sistem Informasi Kepegawaian (0,5)  
      a. a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala. Lihat Dokumen
  IV. PENGUATAN AKUNTABILITAS  
    1 Keterlibatan Pimpinan (5)  
      a. a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan Lihat Dokumen
      b. b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja Lihat Dokumen
      c. c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala Lihat Dokumen
    2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5)  
      a. a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada Lihat Dokumen
      b. b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil Lihat Dokumen
      c. c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) Lihat Dokumen
      d. d. Apakah indikator kinerja telah SMART (Specifik, Measureable, Achievable, Relevant and Time) Lihat Dokumen
      e. e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu Lihat Dokumen
      f. f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja Lihat Dokumen
      g. g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja Lihat Dokumen
      h. h. Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten Lihat Dokumen
  V. PENGUATAN PENGAWASAN  
    1 Pengendalian Gratifikasi (3)  
      a. a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi Lihat Dokumen
      b. b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan Lihat Dokumen
    2 Penerapan SPIP (3)  
      a. a. Telah dibangun lingkungan pengendalian Lihat Dokumen
      b. b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan Lihat Dokumen
      c. c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi Lihat Dokumen
      d. d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait Lihat Dokumen
    3 Pengaduan Masyarakat (3)  
      a. a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan Lihat Dokumen
      b. b. Penanganan Pengaduan Masyarakat Lihat Dokumen
      c. c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat Lihat Dokumen
      d. d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Lihat Dokumen
    4 Whistle-Blowing System (3)  
      a. a. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ? Lihat Dokumen
      b. b. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan Lihat Dokumen
      c. c. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System Lihat Dokumen
      d. d. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti Lihat Dokumen
    5 Penanganan Benturan Kepentingan (3)  
      a. a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama Lihat Dokumen
      b. b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi Lihat Dokumen
      c. c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan Lihat Dokumen
      d. d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan Lihat Dokumen
      e. e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti Lihat Dokumen
    6 Penyampaian Laporan Harta Kekayaan pegawai  
      a. a. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Lihat Dokumen
      b. b. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) Lihat Dokumen
  VI. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK  
    1 Standar Pelayanan (3)  
      a. a. Terdapat kebijakan standar pelayanan Lihat Dokumen
      b. b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan Lihat Dokumen
      c. c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan Lihat Dokumen
      d. d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP Lihat Dokumen
    2 Budaya Pelayanan Prima (4)  
      a. a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima Lihat Dokumen
      b. b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media Lihat Dokumen
      c. c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar Lihat Dokumen
      d. d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi Lihat Dokumen
      e. e. Terdapat inovasi pelayanan Lihat Dokumen
    3 Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan (3)  
      a. a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Lihat Dokumen
      b. b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka Lihat Dokumen
      c. c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat Lihat Dokumen
TOTAL PENGUNGKIT  
 
B. HASIL (40)  
  1. PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN (20)  
    a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) (15) Lihat Dokumen
    b. Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti (5) Lihat Dokumen
  2. KUALITAS PELAYANAN PUBLIK(20)  
    a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) (20) Lihat Dokumen

 

Skip to content