Select Page

Tegal, 16 Desember 2021, Tim surveilan Akreditasi Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (BADILUM) berkunjung ke kantor Pengadilan Negeri Tegal pada hari Kamis, 16 Desember 2021 sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan mereka dalam rangka untuk melakukan monitoring dan surveilan akreditasi berdasarkan surat tugas nomor 230/DJU.3/ST/KP01.1/11/2021, dengan susunan nama tim yaitu :

  1. Zahlisa Vitalita, S.H., M.H ( Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum) sebagai Ketua Tim Surveilan
  2. Harlinna Surbakti, S.IP, M.M (Kepala Seksi Bimbingan I)
  3. Marthinalova Noil, S.Kom (Staf Seksi Statistik)
  4. Chintya Amanda, S.H (Staf Seksi Bimbingan I)

Kegiatan dimulai dengan melakukan opening meeting yang berisi kegiatan penandatanganan dan Penyerahan Nota Kesepemahaman Antara Ketua Tim yakni Ibu Zahlisa Vitalita, S.H., M.H dengan Ketua Pengadilan Negeri Tegal yakni Ibu Hj. Toetik Ernawati, S.H., M.H. Assesmen Ditjen Badilum Mahkamah Agung RI sebagai Pihak Pertama dan pihak kedua Ketua Pengadilan Negeri Tegal. Diakhir open meeting ini tak lupa melakukan pembacaan yel yel Pengadilan Negeri Tegal yang dipimpin langsung Ibu Ketua Pengadilan Negeri Tegal. Kegiatan dilanjutkan dengan surveilan pada masing-masing bagian.

Tujuan penilaian ini adalah untuk melihat sejauh mana penerapan standarisasi penjaminan mutu oleh Pengadilan Negeri Tegal dan melihat sejauh mana proses kerja sama dan sinergitas dalam penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu mulai dari Pimpinan, kepaniteraan, kesekretariatan hingga pelayanan. Adapun pihak yang akan diwawancarai oleh Tim penilaian antara lain: Ketua, Wakil, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Tegal sekaligus Tim Koordinator ZI dan Tim Document Control (DC). Wawancara juga dilakukan oleh tim penilai yang lansung turun ke masingg-masing bagian di kepaniteraan dan kesekretariatan.

Setelah dilakukan kegiatan surveilan hingga pukul 16.50 WIB, acara dilanjutkan dengan kegiatan Closing Meeting sekitar pukul 18.30 WIB. Closing meeting berisi kegiatan Pembacaan dan Penyerahan hasil assesmen oleh ketua Tim Asessmen Ditjen Badan Peradilan Umum Kepada Ketua Pengadilan Negeri Tegal. Pengadilan Negeri tegal memperoleh beberapa kesesuaian, Ketidaksesuaian dan observasi yang mana menjadikan Pengadilan Negeri Tegal menjadi lebih baik dalam penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu. Acara ditutup dengan pembacaan Doa dan Yel yel Pengadilan Negeri Tegal yang dipimpin oleh Risdianto, S.H.

 

 

Skip to content