Select Page

MA SELENGGARAKAN CERAMAH VIRTUAL MENYAMBUT NUZULUL QUR’AN  1422 H / 2021 M

Jakarta – Humas : Selasa, 27 April 2021 Mahkamah Agung Menyelenggarakan Ceramah Virtual Menyambut Nuzulul Qur’an 1442 H/2021 M dilanjutkan Buka puasa bersama bertempat di command Center Mahkamah Agung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang non Yudisial, Para Ketua Kamar, serta Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, Panitera, Sekretaris serta seluruh Satuan Kerja Mahkamah Agung melalui virtual. Dengan menghadirkan peceramah Ustadz Dr. K.H. Syamsul Ma’arif, MA Ketua PW NU DKI Jakarta/ Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam Sambutannya Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan terselenggaranya acara ini menunjukkan bahwa, semangat kita dalam meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, tidak pernah pudar. Meski dalam situasi mencekam akibat terpaan Pandemi Covid-19. Mudah-mudahan, kondisi ini tak mengurangi khidmatnya acara sehingga kita tetap dapat memetik hikmah yang berharga dari kegiatan ini.

Lebih lanjut, kita meyakini bahwa al-Qur’an merupakan kalamullah yang berisi petunjuk agar kita selamat dalam menjalani kehidupan. Apapun peran dan fungsi yang kita emban dalam kehidupan di dunia ini, al-Qur’an siap menuntun kita agar dapat menjalankan peran tersebut dengan sebaik-baiknya. Termasuk bagi kita yang sehari-hari bergelut di bidang hukum dan memikul tanggungjawab menegakkan keadilan, begitu banyak pesan yang disampaikan al-Qur’an agar kita mampu menjalankan tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab. Al-Qur’an telah mengingatkan bahwa amanah menegakkan hukum dan keadilan bukanlah perkara main-main, bukan urusan remeh temeh, namun sejatinya merupakan pendelegasian sebagian wewenang Allah di atas permukaan bumi ini. Karena itu, tugas berat ini harus dipikul oleh pribadi-pribadi yang terpercaya, bersih, amanah dan penuh integritas.

Allah Swt berfirman “Sesungguhnya, Allah menyuruh kalian untuk mmenyampaikan amanah kepada mereka yang berhak, dan apabila kalian menetapkan hukum di antara manusia, maka hendaklah kalian menetapkannya dengan adil. Sesungguhnya, Allah adalah sebaik-baik Pemberi pengajaran kepada kalian, dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (Q.S. An-Nisa’: 58), ungkap Mantan Ketua Kamar Pengawasan

Diakhir sambutannya Prof. Syarifuddin berpesan semoga ajaran-ajaran langit yang terkandung dalam al-Qur’an dapat kita bumikan dalam kehidupan kita, baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mudah-mudahan, ridha Allah Swt. terlimpahkan kepada kita semua. (Humas)

sumber :website Mahkamah Agung

Skip to content